Gagal Ginjal Akut

Bpk. Vecky Sumanti - Tondano (Sulawesi Utara)

" Keluhan bapak di bulan Oktober 2009 seula kami duga hanya sakit biasa seperti mual, demam, keringat dingin dan sakit kepala" ujar Ine Rumbay istri dari Bpk. Vecky Sumanti. "Diagnosa awal gangguan lambung, jika dalam waktu tiga hari kedepan tidak ada perubahan maka harus menjalani pemeriksaan Laboratorium", jelas dokter. Namun, di hari kedua kondisinya tak juga berubah, justru semakin parah frekuensi muntah menjadi lebih sering, lemas karena cairan banyak yang keluar sedangkan sulit untuk menelan asupan makanan atau minuman.

Ketika kondisi tubuhnya terus menurun kami segera membawanya ke salah satu RS besar di Tomohon. Hasil Lab. pertama menunjukan adanya gangguan fungsi ginal; Ureum 124mg/dl dan Kreatinin 6.7mg/dl. Hari ke 3 di RS badan terlihat bengkak, dokter menyarankan untuk mengukur setiap mil cairan yang masuk maupun air seni yang keluar. Hasil Lab. ke-2, Ureum 194 mg/dl dan Kreatinin 8.2 mg/dlberdasarkan penjelasan dokter, bapak dinyatakan gagal ginjal akut dan dianjurkan untuk cuci darah. 

Hari ke-13 di RS, bapak belum nampak kemajuan yang berarti. Atas keputusan keluarga Ine bertekad untuk membawa suaminya pulang ke rumah padahal waktu itu Kreatinin dan Ureum diketahui semakin tinggi; 224 mg/dl dan 12.8 mg/dl. Keluarga besar sepakat untuk mengupayakan agar Vecky tidak harus menjalani cuci darah, biaya untuk itu kami sadari tidaklah sedikit.

Akhir November 2009 ibu mertua menyarankan untuk mengkonsumsi Jeli Gamat, ekstrak teripang Sticophus Hermanii yang menurutnya dapat dikonsumsi untuk membantu pemulihan. Dua minggu pertama Jeli Gamat diberikan 2x3 sdm/hari dan kemudian ditambahkan Spirulina Pacifica alga hijau biru yang kaya akan nutrisi esensial 3x10 tabs/hari. Hasilnyapun berbuah manis dalam waktu 2-5 minggu berselang bapak dapat berjalan sendiri tanpa dibantu, bengkak mulai berkurang hingga aktifitas ringan di dalam rumah sudah bisa dilakukan sendiri.

24 Desember 2009 bapak kembali melakukan test Lab. Hasilnya, Ureum 45.1mg/dl dan Kreatinin 1.2 mg/dl. Kini kesehatan bapak jauh lebih baik dan prima. Jeli Gamat dan Spirulina Pacifica memberikan harapan baru bagi bapak, saya dan keluarga, tutur Ine menutup percakapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar